Artikel Terbaru :
Home » , » Tips untuk Remaja : Mencegah Bunuh Diri

Tips untuk Remaja : Mencegah Bunuh Diri

Written By Roch on Sunday 13 January 2013 | 09:19


Bunuh diri adalah salah satu penyebab utama kematian anak-anak di sekolah menengah dan sekolah tinggi dan hal itu dapat dicegah jika orang dewasa dan teman-teman sadar akan tanda-tanda peringatan dan tahu apa yang harus dilakukan.

Anak-anak yang bunuh diri dapat menunjukkan tanda-tanda peringatan bagi teman-teman mereka, teman sekelas dan orang dewasa ( termasuk orang tua dan guru).. Jangan pernah mengabaikan tanda-tanda itu. Anda dapat membantu! Beberapa situasi yang dapat menyebabkan beberapa anak untuk berpikir tentang bunuh diri termasuk putus dengan pacar atau pacar, gagal di sekolah, masalah dengan orang tua, penolakan oleh teman-teman, dll Anak-anak dan pemuda yang telah mengalami masalah pribadi, pelecehan, atau peristiwa tragis sebelumnya yang menakutkan, atau yang menderita depresi atau masalah emosional lainnya, memiliki risiko lebih tinggi bunuh diri. Peringatan atau tanda-tanda itu mungkin tidak muncul secara langsung. Orang tua, guru dan teman-teman harus menjadi pengamat dan pendengar yang baik dan memantau orang yang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mencegah bunuh diri :

Tanda Peringatan Bunuh Diri :


  1. Catatan bunuh diri. Ini adalah tanda yang sangat nyata dari bahaya dan harus ditanggapi serius.
  2. Ancaman. Ancaman atau laporan langsung ("Saya ingin mati" ". Aku akan bunuh diri") atau, komentar tidak langsung ("Dunia akan lebih baik tanpa aku", "Toh tidak akan ada yang merindukanku "). Di kalangan remaja, petunjuk-petunjuk tidak langsung dapat ditemukan sewaktu dia bercanda atau melalui komentar dalam tugas-tugas sekolah, karya tulis kreatif (puisi) atau karya seni. Anak-anak muda mungkin ada yang tidak mampu mengekspresikan perasaan mereka dalam kata-kata, tetapi dapat memberikan petunjuk tidak langsung dalam bentuk tindakan, perilaku kekerasan, seringkali dengan komentar-komentar mengancam atau bunuh diri.
  3. Upaya percobaan bunuh diri. Jika seorang anak atau remaja telah mencoba bunuh diri di masa lalu, ada kemungkinan lebih besar bahwa ia akan mencoba lagi. setia terhadap teman yang telah mencoba bunuh diri sebelumnya.
  4. Depresi (tidak berdaya / putus asa). Ketika gejala depresi termasuk pikiran yang kuat dari ketidakberdayaan dan keputusasaan muncul pada diri remaja, ada kemungkinan risiko yang lebih besar untuk bunuh diri. Hati-hati terhadap perilaku atau komentar yang menunjukkan bahwa teman Anda merasa kewalahan oleh kesedihan atau pandangan yang pesimistis mengenai masa depan mereka.
  5. "Topeng" depresi. Kadang-kadang mengambil risiko perilaku dapat mencakup tindakan agresi, tembak-menembak, dan alkohol / penyalahgunaan zat. Sementara teman Anda tidak bertindak "tertekan," perilaku mereka menunjukkan bahwa mereka tidak peduli tentang keselamatan mereka sendiri.
  6. Upaya untuk menyakiti diri sendiri. perilaku melukai diri sendiri adalah tanda peringatan untuk anak-anak muda serta remaja. perilaku yang merusak diri umum termasuk berjalan ke lalu lintas yang ramai, melompat dari ketinggian, dan menyilet / memotong/ mengiris-iris tubuh.
  7. Perubahan mendadak dalam kepribadian, perilaku dan penampilan. Orang tua, guru dan teman-teman sering menjadi pengamat terbaik dari perubahan mendadak pada siswa yang mau  bunuh diri. Perubahan dapat meliputi menarik diri dari teman dan keluarga, bolos sekolah atau kelas, kehilangan keterlibatan dalam kegiatan yang penting sekali, dan menghindari teman-teman.
  8. Kematian dan tema bunuh diri. Ini mungkin muncul dalam gambar kelas, sampel kerja, jurnal atau pekerjaan rumah.


Rencana / metode / akses. Seorang anak remaja yang hendak bunuh diri mungkin menunjukkan minatnya terhadap senjata, atau mungkin tampaknya telah meningkatkan akses ke senjata, pil, dll, dan / atau dapat berbicara tentang atau petunjuk pada rencana bunuh diri. Semakin besar perencanaan, semakin besar potensi untuk bunuh diri.
(Adapted from “A National Tragedy: Preventing Suicide in Troubled Children and Youth,”)


Apa Yang Dapat Anda Lakukan untuk Membantu Teman Anda Yang Hendak Bunuh Diri?


  1. Jangan takut untuk berbicara dengan teman Anda. Tetap tenang dan dengarkan perasaan mereka. Pastikan mereka tahu betapa pentingnya mereka bagi Anda.
  2. Jangan menghakimi atau menyudutkan mereka atau membuat perdebatan dengan mereka dengan menyatakan,"Kalau kamu bunuh diri pasti masuk neraka!" atau mengajukan pertanyaan,"Apakah bunuh diri bisa masuk surga?" Perdebatan dan penghakiman rohani tidaklah dibutuhkan dalam situasi ini. Yang mereka perlukan adalah perhatian dan kepedulian kita.
  3. Jauhkan dari benda-benda yan berpotensi untuk membuat orang bunuh diri. Misalnya pisau, cutter, obat panadol yang jumlahnya banyak, tali, obat serangga dan lain-lain.
  4. Beritahu orang dewasa yang anda percayai. Bicara kepada orangtua Anda, orangtua teman Anda, psikolog sekolah Anda atau konselor - orang dewasa yang dipercaya. Dan jangan menunggu! 
  5. Dampingi terus teman anda. Bila ada orang yang terus memperhatikan maka ada kemungkinan perhatiannya akan teralih. Bila kita tidak bisa terus menemaninya maka pastikan ada anggota keluarga yang bisa mendampinginya dan kita bisa terus menjalin komunikasivia telpon atau sms.
  6. Doakan teman Anda. Serahkan kepada Tuhan dan bawa dalam doa teman Anda. Usaha kita terbatas karena itu kita perlu mengandalkan Tuhan.  Luangkan waktu untuk berdoa buat orang yang hendak bunuh diri agar Tuhan dapat menyatakan kuasa-Nya dan menyadarkan orang tersebut. 


Sumber : http://janganbunuhdiri.net/
Bagikan tulisan ini :

0 comments:

Udah baca jangan bengong aja

Kasih komen dan masukannya dong... !

 
Support : Tukang Buat Blog | Creating Website| Johny Template | Mas Template
Powered by Blogger
Copyright © 2012. Rochell Techno - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template