Artikel Terbaru :
Home » , » PENTINGNYA PENDIDIKAN KOMPUTER PADA SISWA

PENTINGNYA PENDIDIKAN KOMPUTER PADA SISWA

Written By Deff Rochell on Rabu, 21 November 2012 | 04.05


PENTINGNYA PENDIDIKAN KOMPUTER PADA SISWA

I.                   PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Perkembangan komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Komputer sendiri berarti alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan juga menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis. Menurut Hamacher adalah sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

Elemen-elemen yang terkandung didalam komputer terdiri dari Hardware dan Software. Didalam Hardware meliputi Monitor, CPU, Keyboard, Mouse, Printer, dll.. Software adalah aplikasi yang membantu untuk memudahkan untuk bekerja yaitu Sistem Operasi, Aplikasi pendukung lainnya. Manfaatnya menggunakan komputer ini adalah untuk mempermudah mengerjakan laporan dan mempermudah untuk menyimpan data serta pencarian data.

Pengertian pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan seluruh aspek yang ada didalam kehidupan kita, baik orang terdekat, masyarakat ataupun lembaga-lembaga yang ada, baik yang terjadi secara formal maupun nonformal. Dalam hal ini pendidikan mempunyai tujuan yaitu untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tidak baik menjadi kebiasaan baik yang terjadi selama kita hidup untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dan mampu menjawab tantangan di masa depan. Dan juga sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakat.

Mengenai komputer dalam dunia pendidikan ini berawal dari komputer yang dititik beratkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan. Dalam hal pendidikan komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa. Dimana dengan pemanfaatan komputer proses pembelajaran lebih bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif.

Dengan adanya komputer, maka proses belajar mengajar akan bisa bergerak dengan lebih cepat. Hal ini khususnya dalam mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan yang selalu berubah secara dinamis. Bukan lagi dalam tataran tahun namun tiap detik selalu ada perubahan dalam kemajuan dunia. Dalam hal ini hanya bisa diikuti melalui pemanfaatan tekhnologi komputer.

Terdapat empat model pembelajaran dengan menggunakan komputer, yaitu:

1.                  model latihan dan praktek (drill dan practice)

2.                  model tutorial (tutorials)

3.                  model penemuan (problem solving)

4.                  model simulasi (simulations).

Dalam model 1 dan 2 komputer berperan sebagai pengajar, dimana memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sedangkan model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan kemampuan memecahkan masalah melalui pendekatan discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu.

1.2              Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut:

-                      Bagaimana cara siswa dapat mengerti tentang pentingnya pada komputer.

-                      Bagaimana caranya komputer dapat memudahkan dalam belajar siswa.

1.3              Tujuan

Tujuan utama pentingnya komputer bagi siswa ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar melalui media komputer serta dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa.

1.4              Manfaat

Secara garis besar, ada enam hal terkait manfaat komputer bagi pendidikan. Diantaranya adalah:

1.                  Komputer merupakan media bagi siswa untuk berpikir maju. Dengan adanya komputer, merupakan bukti bahwa ilmu pengetahuan selalu berkembang cepat. Untuk itu, siswa diajarkan untuk selalu berhubungan dengan media yang bisa mendorong kemajuan berpikir siswa. Dan komputer adalah wujud nyata, hasil pemikiran kreatif manusia yang tercipta melalui proses belajar

2.                  Pendidikan yang terkait dengan teknologi akan merangsang kecerdasan psikomotorik seorang siswa. Sehingga siswa akan  memiliki kebebasan untuk menentukan jenis pendidikan yang mampu membawa manfaat bagi dirinya serta meningkatkan kualitas pendidikannya

3.                  Memberikan kesadaran pada siswa, bahwa komputer merupakan alat bantu belajar. Sedangkan kunci dan penentu kualitas pendidikan tetap berada dipihak siswa sebagai pelaksana proses pendidikan itu sendiri.

4.                  Dengan apa yang digunakan dari aplikasi komputer, maka komputer dapat menjadi sebagai pengganti pengajar.

5.                  Menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

6.                  Dapat mengembangkan penggunaan kemampuan memecahkan masalah melalui pendekatan discovery atau exploratory.

II.                PEMBAHASAN

2.1       Pengenalan Komputer sejak dini

Pengenalan teknologi komputer dapat dimulai dari siswa SD asalkan tetap dalam koridor pendidikan yang benar. Sedikit tips bagaimana mengenalkan teknologi komputer pada siswa SD.

Baik bagi guru maupun orang tua, Anda dapat mengenalkan teknologi komputer dengan kalimat dan istilah yang sederhana agar mudah dimengerti oleh siswa SD. Tak perlu memakai bahwa pemrograman yang rumit untuk menjelaskan apa kegunaan teknologi komputer.
Memberikan software-software edutainment pada komputer untuk digunakan oleh siswa SD. Software seperti ini sudah sangat mudah ditemukan, misalnya software berhitung, puzzle, software tebak-tebakan bahasa/kata asing, dan lain-lain.
Walau hal ini dapat dipelajari dari buku, menggunakan media komputer juga merupakan alternatif proses belajar agar siswa tidak cepat bosan dan jenuh. Selain itu, hal ini juga dapat merangsang perkembangan saraf otak anak.
Selain software edutainment, ada pula software pengetikan untuk menambah wawasan siswa SD (misal: Microsoft Word) software seperti ini berfungsi sama dengan mesin tik dan apapun yang tertulis di situ dapat dicetak.
Selain manfaatnya yang banyak, ada juga dampak buruk penggunaan komputer dalam waktu yang cukup lama. Misalnya tentang kesehatan mata yang mungkin menurun atau banyaknya waktu yang terbuang dan membuat siswa malas belajar.
2.2       Kelebihan Komputer bagi pendidikan

Komputer memiliki banyak kelebihan yaitu sebagai berikut:

1.                  Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.

2.                  Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya.

3.                  Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap siswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.

4.                  Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan “kesabaran komputer”, dapat membantu siswa yang memiliki kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi siswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat (fast learner).

5.                  Komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar siswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping), komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis.

6.                  Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning).

7.                  Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation). Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini menyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Lebih jauh, kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya. Hasil belajar sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar pertimbangan untuk melakukan kegiatan belajar selanjutnya.

2.1       Kelemahan

Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

1.                  Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.

2.                  Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.

Disamping kedua hal di atas, merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

III.             PENUTUP

3.1              Kesimpulan

Tanggung jawab sekolah yang besar dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat sangat cepat perubahannya. Salah satu dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja yang bermutu. Kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan kemahiran komputer merupakan dua kriteria utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk memasuki lapangan kerja. Dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu tanggung jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemahiran komputer bagi para siswa.

3.2              Daftar Pustaka

Internet.

http://www.scribd.com/doc/48087953/Mengenalkan-Teknologi-Komputer-Pada-Siswa-Sekolah-Dasar.

http://www.scribd.com/doc/33627332/Manfaat-Komputer-Dalam-Pembelajaran.

http://www.anneahira.com/manfaat-komputer-bagi-pendidikan.html.
Bagikan tulisan ini :

2 komentar:

PENGUNJUNG

 
Support : Tukang Buat Blog | Creating Website| Johny Template | Mas Template
Powered by Blogger
Copyright © 2012. Rochell Techno - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template